Jumat, 13 Februari 2015

Dampak menggunakan kipas angin dan AC berlebihan

  • Dampak Negatif AC Bagi Kesehatan

Dampak negatif AC bagi kesehatan yang perlu anda ketahui, kebutuhan akan rumah tangga terhadap pendingin udara atau AC saat ini menjadi tinggi sekali padahal dampak negatif AC bagi kesehatan amatlah banyak. Mulai dari mudahnya terserang beberapa masalah kesehatan atau mudah terserang penyakit, dampak negatif lain dari penggunaan AC ini bisa juga merusak kulit anda. Selain itu pula dampak negatif yang ditimbulkan melalui penggunaan AC ini bagi seseorang yang sedang sakit dapat mengakibatkan lamanya proses penyembuhan.
Kondisi iklim tropis yang terdapat di Indonesia semakin memaksakan diri untuk memiliki penyejuk udara pada ruangan di rumah anda. Namun pada kenyataannya yang tadinya AC sebagai kebutuhan untuk "memanjakan" diri ini bisa berakibat fatal bagi kondisi kesehatan seluruh anggota keluarga. Berikut ini dampak negatif terhadap penggunaan AC bagi kesehatan.
Masalah pernafasan
Tertutupnya suatu ruangan yang menggunakan AC dapat mengakibatkan beberapa jenis kuman yang terdapat pada ruangan tersebut semakin berkembang. Dikarenakan tidak adanya sirkulasi udara keluar masuk pada ruangan tersebut tentunya menyebabkan kuman semakin bertambah dan berkembang. Beberapa jenis kuman dapat tumbuh manakala tidak adanya sirkulasi udara disuatu ruangan. Untuk jenis kuman yang terdapat diruangan tersebut biasanya menyebabkan gangguan pada masalah pernafasan. Kuman yang tumbuh pada ruangan yang minim sirkulasi (ruangan tertutup) biasanya menyebabkan demam, batuk bahkan menyebabkan penyakit paru-paru.
Mudah terserang penyakit dan kelelahan
Kondisi seseorang yang terlalu lama dalam ruangan berpenyejuk udara atau AC dapat mengakibatkan mudahnya terserang beberapa jenis penyakit, bahkan seseorang akan selalu merasa mudah lelah. Tak sedikit bagi orang yang menghabiskan waktunya dengan terlalu lama berada pada ruangan ber-AC ini sering mengalami sakit kepala. Disamping itu gejala penyakit lain seperti flu dan pilek menjadi rentan sekali terkena.
Memperparah kondisi penyakit
Bagi orang yang sedang terserang penyakit dengan berada pada ruangan berpenyejuk udara seperti AC ini dapat mengakibatkan sulitnya penyakit itu untuk sembuh bahkan dapat menyebabkan suatu jenis penyakit menjadi lebih parah dari sebelumnya. Disamping itu pula dampak negatif dari AC bagi kesehatan ini adalah lebih mudahnya anda terkena serangan rematik juga tekanan darah tinggi.
Berkurangnya ketahanan tubuh terhadap panas
Dengan terbiasanya tubuh dalam kondisi ruangan sejuk dapat mengakibatkan kekurangannya daya tahan tubuh terhadap kondisi cuaca panas. Kondisi perubahan dari udara dingin dalam ruangan ke udara panas yang terdapat diluar ruangan menyebabkan tubuh mengalami perubahan yang cukup cepat. Hal ini tentunya menjadikan ketahan tubuh menjadi menurun, dengan menurunnya ketahana tubuh tentunya menyebabkan mudahnya bagi tubuh terserang penyakit.
Kulit mengering
Tak hanya bagi kesehatan, dampak negatif yang ditimbulkan dari penggunaan AC ini juga dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kering. Hilangnya kelembaban alami bagi kulit dengan berlama-lama pada ruangan ber AC dapat mengakibatkan kulit menjadi lebih kering.

  • Tidur mengunakan kipas Tidur mengunakan kipas angin tentunya sangat enak dan nyaman karena suhu runagan akan menjadi dingin. Apalagi kita berada di negara yang memiliki musin panas dan hujan. Nah ini dia jika musim panas datang tentunya akan sangat nyaman jika kita ditemani dengan kipas angin.
    Ketika tidur dimalam hari dengan udara yang sangat panas tentunya sangat nyaman jika kita tidur dengan kipas angin sunguh sangat nyaman pastinya, namun banyak orang yang tidak tahu jika tidur dengan kipas angin menyala terus bisa berbahaya bagi kesehatan, bahkan bisa menyebabkan kematian. Akan tetapi jangan salah. Banyak sekali bahaya yang didapat jika kita tidur memakai kipas angin.
    Kebiasaan buruk seperti itu pernah saya jalani. Cukup lama saya melakukan kebiasaan buruk seperti ini. Dulunya awal-awal saya mengunakan kipas angin karena suhunya dimalam hari sangat panas. Darisitulah kebiasaan jelek ini saya lakukan terus menerud. Memang sih enak jika tidur mengunakan kipas angin tentu rasanya akan sangat dingin dibadan. Tapi lama kelamaan saya meras jadi tiap banguntidur badan terasa tidak enak. Malahan menjadi terasa letih dan tidak bugar. Hal ini mungkin terjadi karena keringat yang akan keluar tidak ke luar dengan maksimal. Malahan menjadi masuk angin dan bandan terasan sangat tidak nyaman. Saya baru berhenti dari kebiasaan buruk ini sejak kipas anginyang saya miliki rusak
    Dan ternyata banyak sekali bahaya yang dapat mendatangi akibat kebiasan buruk yang saya lakukan. Ini dia beberapa bahaya tidur menggunakan kipas angin, yaitu:
    1. Kekuranagn Oksigen
    Bahaya yang pertama jika tidur mengunakan kipas angin adalah jika kita mengarahkan kipas angin langsung pada muka maka udara kipas yang bergerak membuat sirkulasi udara segar disekitar ruangan tidak terjadi apa lagi ruangan kamar tidak ada fentilasinya maka akan menjadi semakin parah.
    2. Penurunan suhu tubuh
    Jika suhu tubuh turun secara drastis tentunya tidak baik untuk kesehatan. Penurunan suhu tubuh akibat keringat yang akan keluar terhalang oleh pori-pori yang mengerut akibat merasakian dingin dari kipas angin.
    3. Kekurangan air dan hipotermia
    Tidur mengunakan kipas angin secara lama juga bisa menyebabkan tubuh kekurangan air dan mengalami kedinginan yang berlebihan.
    4. Kaku otot
    Ketika saya bangun otot-otot dibadan terasa kaku dan rasanya sangat tidak enek dibadan.
    5. Badan menjadi tidak bugar
    Tiap kali bangun tidur badan akan menjadi tidak bugar. Malahan seringkali badan rasanya menjadi lemas dan kaku.
    6. Mudah sakit
    Karena keringat yang tidak keluar dengan sempurna malahan akan menjadi penyakit dan membuat badan tidak merasa enak. Bisa-bisa terkena masuk angin.
    7. Sesak nafas
    Bisa terjadi sesak nafas bila kipas diarahkan terus menerus kemuka kita karena, oksigen akan susuh kita hirup dengan adanya hebusan angin yang sangat kencang ke badan kita. Sedikit tips untuk mencegah sesak nafas karena angin menyala sepanjang malam, setel timer 15 – 30 menit saat mulai beranjak tidur. Kemudian arah angin pada kipas harus diputar agar angin yang mengarah ketubuh kita tidak terlalu besar.
    Jika memang kalian susuh tidur karena merasa terlalu panas, nyalakan kipas angin dengan keadaan pintu kamar dibiarkan terbuka jangan ditutup. Hal ini bertujuan untuk menhindari kejenuhan karbondioksida di dalam ruangan dan supaya sirkulasi udara dapat berfungsi dengan baik.
    Banyak sekali bahaya yang dapat kita alami jika kebiasaan buruk in terus kita lakukan. Maka dari itu angan terlalu sering mangunakan kipas angin saat tidur dan jika ingin mengunakan perhatikan hal-hal yang ada diatas. Sedikit informasi. Semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. mkasih gan ,,, postingan yang bagus dan bermanfaat ini layaknya di share ajja ,, nih saya bantu ngeshare ,, ,, jgn lupa kunbal nya anprat.blogspot.com tmakasih skali lagi gan

    BalasHapus